Minggu, 25 Oktober 2009

sahabatmandirimenujusukses_otomotif: teknik sepeda motor

sahabatmandirimenujusukses_otomotif: teknik sepeda motor

Kata pengantar

Syukur alhamdulilah penulis ucap kan pada ALLAH S.W.T yang maha kuasa atas segalanya karena –NYA penulis dapat menyelesaikan karya nya dengan tanpa masalah, penulis memiliki tujuan agar bagi setiap orang memiliki ilmu mengenai teknik karena menurut pandangan penulis semakin banyak kemajuan di dunia teknik terutama, maka penulis menciptakan suatu karya tulis yaitu SEPEDA MOTOR MANUAL 2 karena pada bagian pertama penulis melanjutkan ciptaan dari Hartomo Mecanical Training Cente ( HMTC ) pada HMTC mengeluarkan karya yaitu PANDUAN SEPEDA MOTOR, karena kebetulan pencipta karya tulis SEPEDA MOTOR MANUAL 2 ini alumni dari HMTC maka tidak lah perlu di rasa membuat bagian pertama.

Bagi yang ingin mempelajari SEPEDA MOTOR MANUAL 2 maka di wajib kan memiliki dasar sepeda motor karena di bagian ini tidak di jelaskan mengenai dasar sepeda motor dan karena pada karya tulis ini lebih banyak mengunakan bahasa teknik.di dalam karya ini ada beberapa komponen yang sama tetapi memiliki nama yang berbeda ini di sebab kan karena kesalahan dari penulis.

Penulis ucapkan maaf karena di dalam SEPEDA MOTOR MANUAL 2 ini banyak kekurangan, bagi pembaca harap ikuti tulisan dari buku ini karena gambar pada buku ini kurang sesuai misal kan dalam pengunaan kunci hal ini di sebab kan karena dalam prakterk bagian kendaraan baut-baut nya sudah kendur oleh karena itu tidak mengunakan kunci yang sesuai dan keterbatasan sang penulis.

Terimakasih penulis ucapkan kepada pihak HMTC PEKAN BARU karena atas izin mereka maka penulis dapat menyelesaikan buku yang berjudul SEPEDA MOTOR MANUAL 2 dan penulis juga ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung dan memberikan petunjuk dan bantuan nya.

Semoga buku`` SEPEDA MOTOR MANUAL 2 `` dapat berguna bagi anda dan dapat mengerti akan buku ini.

22 – april – 2009

Penulis

SODI .M.S

Preface english

Thank goodness writer alhamdulilah say kan [at] ALLAH S.W.T lord of anything because - ITS [of] writer can finish its masterpiece without problem, writer have the target of [so that/ to be] for every people have expertise to [regarding/ hit] technique because according to writer view more and more progress [in] technique world especially, hence writer create a[n masterpiece write that is MOTORBIKE MANUAL 2 because [at] first shares [of] writer continue creation of Hartomo Mecanical Training Cente ( HMTC ) [at] HMTC [release] masterpiece that is GUIDANCE MOTORBIKE, because coincidence of creator of masterpiece write MOTORBIKE MANUAL 2 this collegiate of HMTC hence [do] not lah need [in] feeling to make first shares.

To which wish to study MOTORBIKE MANUAL 2 hence [in] [is] obliged to kan have motorbike base because [in] this shares [do] not [in] explaining to [regarding/ hit] motorbike base and because [at] masterpiece write this more Ianguage mengunakan of teknik.di in this masterpiece there are some [is] same component but owning different name [in] because kan because mistake of writer.

Writer say forgiveness because in MOTORBIKE MANUAL 2 this many insuffiency, to reader hope to follow article of the book this because picture [at] this [is] book less according to for example kan in pengunaan of this matter key [in] because kan because in prakterk part of vehicle of its bolts have kendur therefore [do] not appropriate key mengunakan and limitation of[is the writer.

Thank you writer say to [party/ side] of HMTC NEW WEEK because of their permit hence writer can finish book entitling MOTORBIKE MANUAL 2 and writer also say thank you to all [party/ side] supporting and showing promise and its aid.

Hopefully book`` MOTORBIKE MANUAL 2

SHOGUN 125

  1. HEAD CYLINDER

Head cylinder merupakan bagian dari sepeda motor yang berfungsi sebagai ruang pembakaran,dan tempat terpasang nya bagian-bagian lain serta tempat masuk nya bahan bakar dari intake.

Head cylinder shogun berbeda letak ke berbedaan nya berasal dari letak ADS nya yang seharus nya ada pada noken as tapi ADS pada shogun terpasang sebelum sporket timing depan dan ada pegas nya.

a. pembongkaran head cylinder shogun

· Buka penutup sporket timing depan

· Lepas kan penutup top pada bak kiri atau pada magnet sejajarkan tanda T dengan tanda pada bak nya dan lihat apakah sporket timing depan juga sejajar tanda titik nya dengan tanda pada head

· Lepas ADS nya

· Buka tutup penyetel klep nya

· Lepas baut pengikat sporket timing depan dengan kunci L

· Lepas pengikat sporket timing depan

· lepas sporket timing depan dengan obeng minus kecil

· lepas 2 baut pengikat antara head dengan blok cylinder dengan T 10

· lepaskan 4 mur pengunci head cylinder dengan sok 12

· tarik keluar head cylinder

· lepas baut penahan pen klep dengan T 8

· lepas ke dua penyetel klep

· lepas kan pen klep dengan cara masuk kan baut 12 ke lubang pen klep kemudian tarik keluar dan lepaskan pen

· lepas rocker arm nya atau sering di sebut pelatuk

· lepas noken as nya

· lepas topi klep,per klep,kuku klep beserta klep nya dengan cara tekan topi klep dengan T 10 /T 12 di hentak kan

· lepas kedua topi klep,per klep,kuku klep nya dahulu bila kedua nya telah di lepas baru lepas klep nya agar tidak terjadi goresan di siting valve nya

· lepas sil klep nya

b. pemeriksaan head cylinder shogun

· periksa apakah timing sudah kendu atau belum

· periksa noken as dari ke aus

· periksa pelatuk atau roker arm telah mengalami ke ausan

· periksa klep dari ke bocoran

· periksa perklep dari kelemahan

· periksa klep dari patah atau bengkok

· periksa siting valve dari goresan yang di sebab kan oleh kerak – kerak sisa pembakaran

· periksa sil klep dari kebocoran

· periksa busi bagus atau tidak

· periksa tekanan kompresi nya

· periksa atau kah oli naik ke klep atau tidak

· periksa stelan klep

c. pemasangan head cylinder shogun

· cara pemasangan merupakan kebalikan dari pembongkarannamun ada yang harus perhatika pada saat pemasangan komponen-komponen lain nya.

· Pemasangan topi klep,per klep,kuku klep dan dan klep yaitu dengan cara:

1. pasang klep pada tempat nya

2. letak kan tutup klep pada bagian klep yang akan di pasang dahulu

3. pasang sil klep bila di lepas wajib dig anti

4. pasang topi klep , per klep , dan kuku klep agar semua komponen itu dapat terpasang dengan baik maka gunakan karet ban dan kumci T 10 tekan pelan-pelanjangan sampai kelewatan karena dapat menyebab kan per klep menjadi lemah

5. untuk peasangan per klep letakkan bagian yang rapat alur nya di bawah

· untuk pemasangan ADS nya maka pegas pada ADS nya harus pada tempat nya dan untuk

· untuk pemasangan noken as nya harus banyak yang bebas bila bagian yang bebas sedikit maka pemasangan salah

· tepat kan tanda pada sporket timing depan denga tanda yang ada pada head cylinder.

B. BLOK CYLINDER

Blok silinder ini berfungsi sebagai jalur naik turun nya piston, mencegah kebocoran dan tempat lewat nya oli yang akan menuju head cylinder.

Blok cylinder milik shogun tidak memiliki per bedaan dengan blok cylinder lain nya .

a. pembongkaran blok cylinder shogun

· lepas head cylinder

· lepas packing head cylinder

· lepas real tensioner bawah dengan cara tarik keluar

· lepas blok cylinder

· lepas spi piston dengan obeng minus kecil jangan sampai masuk ke crancas

· lepas pen piston dengan cara tekan dengan obeng minus kecil

· lepas piston

· lepas ring piston

b. pemeriksaan blok cylinder shogun

· periksa paking blok mengalami kebocoran atau tidak

· periksa dinding linear dari goresan

· periksa botol – botol dari ke kocakan

· periksa ke ausan ring jarak celah ring bila di masuk kan ke linear nya adalah : 0,1 – 0,4 mm

· periksa lubang oli dari tersumbat

· periksa rail tensioner dari kepatahan atau terlalu dalam alur nya di karenakan timing terlalu kencang

· periksa penyetel timing

c. pemasanga blok cylinder shogun

· pemasangan merupakan kebalikan dari pembongkaran

· pada saat pemasangan real tensioner pastikan tepat tempat nya di dudukan dekat magnet

· pemasangan ring piston jangan sampai terbalik ring 1 berwarna keputihan ring 2 lebih gelap dan tajam ujung nya untuk ring 3 pasang dahulu expander nya dahulu baru side rail nya

· untuk pemasangan piston lihat ada tulisan EX atau tanda

ini harus menuju ke exhaust moni fold dan tanda IN menanda kan ke intake moni fold bila tidak ada lihat offset piston nya

C. MAGNET

Pengapian pada shogun adalah system AC (alternating carreent) system bolak balik dan tidak memiliki spoul CDI .

Ada pun tipe rantai timing yang di gunakan adalah sit seiline

Ada pun warna kabel nya adalah :

· merah putih spoel pulser

· putih kuning spoel lampu

· kuning putih spoel carger

SPOEL PULSER

GAMBARSPOELSHOGUN

a. pembongkaran magnet shogun

· buka baut postep ada 4 dengan sok 12

· lepas postep nya

· lepas tuas pemindah gigi dengan kunci T 10

· lepas baut bak kiri dengan T 8

· lepas bak kiri

· lepas baut pada magnet dengan kunci sok 17

· lepas magnet nya dengan mengunakan trekel magnet milik shogun

· lepas gigi starter pada magnet

· lepas penerus gigi starter

· lepas spi magnet

· lepas penahan timing dengan kunci L 5

· lepas raeil tensioner atas dengan L 5

· lepas timing nya

b. pemeriksaan magnet shogun

· periksa apakah spoel mengalami kebocoran,konsletin atau terbakar

· periksa peluru penyearah dapat bekerja dengan baik atau tidak dan periksa kekencangan baut peluru penyearah

· periksa jarak antara tonjolan pada magnet dengan spoel pulser jarak standar nya adalah : 0,6 – 0,8 mm

c. pemasangan magnet shogun

· untuk pemasangan magnet merupakan kebalikan dari pembongkaran

· pada saat pemasangan mesin biasakan piston berada pada TMA atau lubang spi magnet mengarah ke head cylinder

· pemasangan penerus gigi starter baian gigi yang banyak kea rah luar dan pemasangan nya harus serentak dengan gigi starter magnet

· saat pemasangan magnet pastikan tepat di tempat nya untuk menguju nya setelah magnet terpasang coba magnet putar dan lihat apakah kruk as nya ikut berputar atau tidak bila ikut berputar berarti pemasangan spi magnet tepat.

D. KOPLING DAN BAGIAN LAIN NYA

Pada shogun masih menganut koping ganda yaitu kopling manual dan kopling otomatis.

Kopling otomatis kalau di putar maju akan nyangkut tapi kalau di putar ke belakang akan los akibat dari kopling satu arah yang ada pada kopling otomatis .

Pada kedua as memiliki 2 buah ring masing- masing pada as nya salah satu ring nya ada yang terdapat tulisan out menandakan kea rah luar.

Pada hub bawah dan atas tidak ada top nya.

Pada hub bawah dan rumah kopling tidak memiliki ring O tapi yang ada antara rumah kanvas kopling otomatis dengan kopling satu arah nya.

10

9

7

8

2

1

6

16

15

14

13

12

11

5

4

3

GAMBAR KOPLING SHOGUN

Keterangan :

1. as dari kruk as

2. dudukan kanvas kopling otomatis

3. baut pengikat kopling otomatis

4. rumah kopling otomatis

5. ring ada 2

6. baut penekan pat dan pegas kopling manual

7. plat penekan pegas

8. baut pengikt kopling manual

9. as ke primer transmisi

10. hub atas

11. pegas kopling manual

12. stut

13. bantalan as porsneling

14. rumah kopling manual

15. gigi pompa oli

16. rumah pompa oli

a. pembongkaran kopling otomatis dan manual shogun

· lepas baut antara head dengan knalpot

· lepas kick starter dengan T 10

· lepas baut bak kanan dengan T 8

· lepas kan bak kanan nya

· lepas lifter yang nyangkut pada bak kanan nya

· lepas stut,pegas stut , ring stut,bantalan, bantalan bering dan bantalan nya pada kick starter

· lepas bearing pada kopling manual

· lepag baut pada kopling otomatis dan pada kopling manual beserta k 2 ring nya pada tiap as dengan sok 19

· tarik ke 2 ( dua ) kopling ke atas secara bersama – sama

a. pembomgkaran kopling manual shogun

· lepas 4 baut dan plat penahan per kopling manual

· lepas hub atas

· lepas kanvas dan plat kopling manual

· lepas hub bawah

b. pemasangan kopling manual shogun

· pemasangan kebalikan dari pembongkaran namun ada yang harus di perhatikan.

· Antara hub bawah dengan rumah kopling terdapat ring tipis

· Pemasangan nya di awali dari kanvas dan di akhiri juga dengan kanvas kopling manual.

· Tida memiliki top pada saat pemasangan hub atas

7

6

4

5

3

2

1

8

Keterangan :

1. rumah kopling otomatis

2. kanvas kopling otomatis

3. jundder spring

4. ring O

5. bantalan

6. rumah bantalan kopling satu arah

7. bagian tengah kopling satu arah

8. spi kopling otomatis

a. pembongkaran kopling otomatis shogun

· lepas kan dudukan kampas kopling otomatis dari rumah kopling oto matis

· lepas kan kopling satu arah beserta ring tipis

· lepas spi pada kanvas kopling otomatis

· lepas junder spring

· untuk melepas kan kanvas kopling nya maka pukul bagian tengah nya yang berhubungan dengan kruk as pukul pada bagian yang terdapat kanvas kopling otomatis nya maka kanvas beserta pegas nya akan lepas

b. pemasangan kopling otomatis shogun

· pemasangan kebalikan dari pembongkaran

· untuk pemasangan kanvas kopling otomatis pasang dahulu dumper nya pada dudukan kanvas kopling otomatis dan pasang kanvas nya serentak menutup nya

· pasang pegas nya dengan obeng minus kecil

· bagian dari junder spring yang penonjol kea rah luar

· pasang spi pengunci kanvas dengan cara tekan jundeer spring dengan obeng besar baru pasang spi nya

· untuk pemasangan kopling satu arah jangan letak kan bantalannya pada saluran oli tapi pasang nya pada bagian yang ada menyempit nya

· pasang bagian tengah kopling satuarah yang ada tonjolan nya kea rah luar

· ring nya jangan ter tukar

· pemasangan bantalan kopling satu arah pada kopling otomatis tapi bagian tengah nya belakangan di pasang nya

· setelah terpasang kopling otomatis bila di majukan akan los dan bila di mundurkan akan tersangkut tanda nya pemasangan tepat.

· lepas bos pada kopling oto matis dan kopling manual milik otomatis lebih panjang bos nya

10

8

1

3

15

14

13

12

11

9

7

6

5

4

2

KOMPONEN LAIN- LAIN SHOGUN

Keterangan:

1. stopper bintang shift drum

2 as kruk as ( as kopling otomatis )

3 bintang

4 shift bintang / shift drum (pemindah gigi dari kick starter )

5 bos kopling otomatis

6 gigi pompa oli pada kopling otomatis

7 rumah pompa oli

8. gigi pompa oli

9. as primer ( as kopling manual )

10. ring tipis

11. pen

12. kick starter

13. as porsneling

14. bantalan

15. saringan oli

· lepas 3 baut pengikat pompa oli dengan T10 dan lepas pompa oli nya

· lepas gigi pompa oli pada kruk as ( letak nya di bawah kopling otomatis

· ambil ring O tipis pada as primer ( di bawah kopling manual )

· lepas bantalan dan rumah bantalan nya

· tarik as porsneling nya

KOMPONEN PORSNELING SHOGUN

1

2

3

5

4

Keterangan :

1. as porsneling

2. pegas

3. pengungkit bintang

4. bantalan

5. rumah bantalan

· lepas stopper bintang shift drum dengan L 5

· lepas bintang nya dengan T 8

b. pemeriksaan kopling otomatis dan manual shogun

· periksa keasusan dari kedua kanvas kopling

· periksa keausan dari rumah kopling otomatis

· peeriksa peluru penyearah nya

· periksa karet peredam pada kopling manual

· periksa gigi pada kopling manual dan otomatis

· periksa kekuatan pegas

· periksa per engkol dari kepatahan

c. pemasamgam kopling otomatis dan manual shogun

· pemasangan kebalikan dari pembongkaran

· pemasangan ring yang ada jangan salah karena ring nya berbeda.

· Pemasangan kanvas kopling manual berasal dari kanvas dahulu dan di akhiri dengan kanvas.setelah semua nya terpasang maka putar ke depan dan ke belakang lihat kopling otomatis nya bila di majukan los dan bila di putar kebelakang nyangkut maka pemasangan benar.

D. TRANSMISI

Tipe kick starter nya ada lah tipe tipe lifter dimana bila per kick starter patah harus bongkar transmisi.

System pemindahan gigi nya adalah system rotary karena alur shift drum nya mempunyai batas sehinga as porsneling tidak dapat di tekan kedepan langsung untuk pemindahan gigi nya.

Urutannya adalah : N – 1-2-3-4-3-2-1-N

4

7

6

8

7

3

2

4

1

5

2

3

1

Susunan transmisi nya adalah : 1-4-3-2

Keterangan :

1. gigi bebas

2. gigi diam

3. gigi bebas

4. gigi geser

5. stopper gigi 4

6. as skunder ( ke gigi tari belakang )

7. tempat terpasang nya shift gear ( garpu pemindah gigi )

8. as ke kopling manual

cara penyusunan gigi primer:

spi

Gigi geser

spi

ring

cara penyusunan gigi skunder:






spi


Gigi bebas


Gigi geser

ring a. pembongkaran crancas

· balik mesin ( bagian magnet )

· lepas baut pengikat crancas yang ada pada bagaian magnet

· lepas crancas

· lepas pen

· lepas shift work atau garpu

· lepas drum

· tarik ke atas transmisi secara serentak antara primer dan skunder

b. pemasangan crancas

· pemasangan kebalikan dari pembongkaran

· pada saat telah di pasang pastika semua gigi transmisi dapat bekerja dengan baik

kick starter ( engkol ) :

kick star ter milik shogun adalah tipe lifter karena memiliki tanda di gigi dengan di as nya.

1

2

3

4

6

5

Keterangan:

1. spring ( pegas kecil )

2. gigi penerus ke as kick starter

3. gigi penerus ke transmisi

4. as ick starter

5. pegas kick starter

6. bushing

a. pembongkaran kick starter shogun

· lepas kick starter dengan cara gunakan sambungan nya yang biasanya di injak dan putar berlawanaan dengan arah jarum jam hinga penahan pegas nya lepas

· lepas kan bos bawah

· lepas pegas nya

· lepas sirklip yang ada di atas

· lepas gigi kick starter

· lepas ring kecil ada di bawah

· lepas pegas kecil

· lepas penahan pegas

b. pemasangan kick starter shogun

· pemasangan kebalikan dari pembongkaran

· pada saat pemasangan penahan pegas ada tandanya tepatkan seperti pada gambar di atas

JUPITER Z 110


Tidak ada komentar:

anggota

sahabat mandiri menuju sukses

Foto saya
pekanbaru, riau, Indonesia
kemajuan di bidang teknologi sangat lah pesat oleh karena itu saya membuat blog ini untuk saling berbagi informasi dan sharing ilmu mengenai teknik umumnya sepeda motor